5 Cara Efektif Mengetahui Kecepatan Internet!

speed internet

Saat ini banyak layanan untuk menguji kecepatan internet di luar sana. Kita mungkin tidak asing lagi dengan situs-situs seperti Speedtest.net, Speakeasy, dll. Tapi, seberapa akuratkah situs-situs tersebut? Sayangnya tidak semua situs-situs tersebut akurat, terkadang uji kecepatan internet tidak akurat karena metode layanan yang digunakan tidak tepat.

Berikut adalah 5 cara yang dapat digunakan untuk memastikan keakuratan uji kecepatan internet:

Penting: Silahkan baca tutorial berikut ini jika kamu belum pernah mencobanya, situs uji kecepatan internet yang ada saat ini cukup memadai, tapi tidak selalu memberikan cara yang terbaik untuk menguji bandwidth kita.

1. Restart modem dan router

Seperti kita tahu, restart merupakan langkah pertama yang disarankan untuk masalah-masalah teknologi, tapi ini juga merupakan langkah yang baik yang sebaiknya kita coba, terutama pada router dan modem digital berkecepatan tinggi. Modem dan router bekerja sama untuk memberikan akses internet ke komputer dan perangkat lain. Untuk mendapatkan hasil uji kecepatan internet yang lebih akurat, sebaiknya restart modem dan router sebelum melakukan pengujian. Hal ini terkadang dapat membantu untuk mengembalikan performa kedua perangkat tersebut ke dalam kondisi terbaik.

2. Jangan menggunakan Internet untuk hal yang lain

Aturan penting yang harus diingat adalah “Jangan menggunakan internet saat uji kecepatan internet”. Pastikan kita tidak menggunakan internet saat sedang uji coba, jangan membuka jendela lain pada komputer. Jangan lupa memeriksa perangkat mobile yang mungkin terhubung ke modem. Jika kita tidak yakin apakah menggunakan internet untuk hal yang lain atau tidak, kita bisa mematikan beberapa perangkat selama uji coba berlangsung.

3. Restart komputer atau perangkat lain sebelum pengujian

Oke, Sekarang kita kembali ke kata Restart lagi. Sama dengan modem dan router, restart komputer ataupun smartphone pada saat uji kecepatan internet adalah hal yang mudah dilakukan dan dapat memiliki dampak yang nyata pada keakuratan uji kecepatan internet. Mungkin kedengarannya sedikit aneh me-restart perangkat untuk uji koneksi internet, akan tetapi banyak tes yang mengandalkan fungsi hardware untuk bekerja maksimal.

4. Jangan lupa hapus cache browser

Hal lain yang perlu kamu lakukan sebelum uji kecepatan internet adalah menghapus cache browser. Kebanyakan situs uji kecepatan internet bekerja dengan sistem men-download dan meng-upload satu atau lebih file ukuran tertentu, kemudian file-file tersebut digunakan untuk penghitungan kecepatan internet. Catatan: kita bisa melewatkan langkah ini jika menggunakan aplikasi untuk menguji kecepatan internet.

5. Pilih uji kecepatan yang berbasis HTML5

Terakhir, untuk yang ini saya menyarankan untuk menguji bandwitdh dengan situs berbasis HTML5. SpeedOf.Me, TestMy.net adalah termasuk situs uji kecepatan internet berbasis HTML5 yang di rekomendasikan. Uji kecepatan yang berbasis flash seperti Speedtest.net, Speakeasy atau yang paling populer ISP-host test, harus melakukan penyesuaian 40% untuk mengimbangi kenyataan bahwa mereka menggunakan flash.

Ingat: Tidak ada situs uji kecepatan yang sempurna

Tips diatas hanya sebagai bantuan untuk memberikan kontribusi untuk hasil uji kecepatan yang lebih akurat. Yang perlu diingat dalam pengujian kecepatan internet adalah keseimbangan yang baik antara kinerja komputer atau perangkat dengan server pengujian itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *