5 Cara Efektif Mengumpullkan Alamat Email Di Blog-mu!

email

Email marketing merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan kecil di seluruh dunia, serta individu, untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Sebuah tantangan bagi pengusaha atau usaha kecil yang tidak memiliki anggaran besar untuk membayar daftar pemasaran email yang tertarget adalah mengumpulkan alamat email untuk mengirim pesan pemasaran email. Untungnya, kamu bisa menggunakan blog untuk mengumpulkan alamat email dari orang-orang yang opt-in untuk menerima pesan email pemasaranmu. Sangat mudah dan gratis. Gunakan tips berikut ini untuk memulai mengumpulkan alamat email dari blogmu sendiri.

1. Minta alamat email

Kamu bisa dengan mudah meminta orang yang membaca posting blogmu untuk opt-in untuk menerima pesan email di masa depan. Pastikan untuk membuat pesan pemasaran yang menunjukkan kepada pembaca bahwa pesan emailmu bernilai bagi mereka. Misalnya, jangan hanya menulis, “Masukkan alamat emailmu untuk mendapatkan berita penting”. Sebaliknya, tulislah pesan yang lebih bernilai seperti, “Mendaftar untuk mendapatkan diskon, info produk baru, berita, dan penawaran eksklusif lainnya.” Ini jauh lebih memotivasi pengunjung untuk tertarik bisa mendapatkan diskon khusus melalui email daripada hanya untuk bisa mendapatkan berita. Jangan lupa, sertakan link untuk submission form dalam pesan pemasaran, dimana mereka bisa dengan mudah memasukkan alamat email mereka dan mengirimkannya kepadamu.

2. Mengadakan kontes blog

Kontes blog merupakan cara yang bagus untuk mendorong buzz tentang blogmu dan mengumpulkan alamat email. Misalnya, tawarkan hadiah besar, kemudian promosikan kontes blogmu untuk menyebarkan berita tentang kontes tersebut dan untuk meningkatkan peserta. Pastikan aturan yang kamu buat mengharuskan peserta menyertakan alamat email mereka untuk mendapatkan informasi pemenang kontes. Terakhir, pastikan untuk menyertakan “disclaimer” yang memberikan pilihan kepada peserta apakah ingin menerima diskon ekslusif, berita, dan informasi produk baru darimu melalui email di masa depan.

3. Pasang iklan

Kamu bisa membuat iklan grafis yang mengundang orang untuk memasukkan alamat email mereka untuk mendapatkan informasi dan diskon eksklusif. Tempatkan iklan di posisi paling menonjol di sidebar blog. Kamu juga bisa membuat iklan dan memasukkannya ke dalam feed blogmu, Facebook, LinkedIn, dan menempatkan iklan di blog lain.

4. Tweet it

Publish update pada di akun profil Twittermu yang mengajak orang untuk mendaftar penawaran diskon eksklusif. Sertakan link ke formulir pendaftaran emailmu, sehingga bisa memudahkan orang untuk dengan cepat mengirimkan alamat email mereka.

5. Gunakan plugin email opt-in

Jika kamu menggunakan WordPress.org untuk blog, maka kamu bisa menggunakan plugin email opt-in untuk memudahkan mengotomatisasi proses pengumpulan alamat email. Plugin ini merupakan pilihan yang bagus untuk mengumpulkan alamat email termasuk WP Opt-in dan WP Email Capture.

Itulah 5 cara mudah mengumpulkan alamat email dari blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *