5 Tips Mengamankan Website E-commerce Anda

Website-Security

Pelanggaran kemanan secara online dan pembajakan website e-commerce telah menjadi tema yang umum selama beberapa tahun terakhir. Banyaknya kasus yang terjadi dapat menjadi pengingat betapa rentannya dunia online yang ada saat ini. Berikut adalah beberapa cara untuk mengamankan dan melindungi situs e-commerce Anda.

  1. Berinvestasi Pada Layanan Hosting Yang Aman

Pemilik website sering meremehkan mengenai pentingnya keputusan yang harus dibuat tentang layanan web hosting yang dapat mendukung situs web mereka. Meskipun banyak pilihan hosting murah yang sangat menggoda, namun ada beberapa rincian yang perlu Anda cari mengenai layanan hosting yang diberikan. Keamanan bisa dibilang adalah hal terpenting dalam rincian ini. Layanan hosting Anda harus menyediakan platform yang aman dari serangan para hacker. Selain itu, mereka juga harus memiliki sistem cadangan yang tepat untuk mendapatkan situs Anda kembali dengan cepat jika terjadi pelanggaran keamanan.

Sebuah layanan web hosting yang aman akan memberikan jaminan tinggi untuk uptime, pusat data yang aman, program backup yang cukup, RAID perlindungan data, dan reboot manual. Periksa layanan hosting Anda saat ini untuk memastikan bahwa mereka menawarkan berbagai rincian tersebut. Jika tidak, mungkin sudah saatnya Anda berpindah ke layanan hosting yang lebih aman.

  1. Mendorong Pengguna Untuk Melindungi Informasi Mereka

Salah satu poin yang paling rentan dari sebuah situs web adalah portal masuknya. Setelah hacker memiliki akses ke informasi admin atau login konsumen, mereka dapat melakukan kerusakan. Inilah sebabnya, mengapa penting utuk memastikan bahwa pengguna situs Anda melakukan bagian mereka untuk menjaga situs Anda tetap aman.

Anda dapat mengotomatisasi hal ini atau mengirim pengingat. Anda juga memerlukan password yang aman untuk semua login kredensial di situs Anda. Pastikan bahwa setiap password untuk situs Anda minimal 8 karakter dan memiliki kombinasi dari simbol, huruf, maupun angka yang tidak mudah. Adapun untuk admin situs Anda, mereka harus berhati-hati menangani informasi login karena mereka memiliki akses ke CMS.

  1. Update Website E-commerce Anda Dengan SSL Atau TLS

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, sedangkan TLS adalah singkatan dari Transport Layer Security. Ini adalah protokol kemanan yang penting untuk mengamankan situs dari hacker yang ingin melihat informasi yang sensitif. SSL dan TLS mengenkripsi data antara aplikasi dan server untuk memastikan bahwa informasi yang sedang diproses tetap aman.

Jika Anda tidak yakin apakah situs Anda memiliki sertifikat SSL terpadu, maka Anda dapat mengetahuinya dengan menggunakan checker SSL. Jika ternyata situs Anda tidak memilikinya, maka Anda perlu mengupgrade dan memiliki SSL atau TSL untuk melindungi situs Anda. Google juga menawarkan panduan bagi pemilik situs untuk menunjukkan bagaimana protokol tersebut bekerja.

  1. Lakukan Tes Kerentanan Situs

Mengidentifikasi potensi kerentanan di situs Anda secara teratur akan membantu menjaga situs tetap aman. Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda tetap up pada pengujian kerentanan adalah dengan mengatur proses otomatis menggunakan software scanning. Program yang tepat akan memindai jaringan dan website untuk mengidentifikasi resiko dan membuat daftar prioritas yang memberitahu Anda apa masalah yang harus ditangani dan bagaimana Anda memperbaikinya. Beberapa sistem bahkan mampu mengotomatisasi proses untuk memperbaiki masalah yang diidentifikasi dalam scan itu sendiri.

  1. Enkripsi Komunikasi Operasional

Enkripsi adalah kunci. Tidak hanya untuk melindungi situs melalui protokol SSL / TSL, tetapi juga menjadi tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk mengamankan setiap komunikasi online. Untuk sebuah situs e-commerce, Anda harus mulai dengan mengenkripsi semua email antara perusahaan dan vendor, terutama prosesor kartu kredit Anda. Setiap informasi yang mungkin menarik bagi hacker harus dikirim melalui email terenkripsi, bukan hanya melalui email biasa yang mudah diakses.

Mengelola sebuah situs e-commerce secara online dapat sangat sulit, tetapi dengan taktik yang tepat Anda dapat secara signifikan menurunkan resiko pembajakan pada situs Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *