5 Tips Mudah Meningkatkan Otoritas Domain

Picture Source : Google
Picture Source : Google

Otoritas domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain yang digunakan sebagai perkiraan seberapa baik suatu situs akan muncul pada mesin pencari. Secara umum, otoritas domain ini didasarkan pada popularitas jumlah link eksternal yang menunjuk kembali ke suatu domain. Otoritas domain sangatlah penting. Mengapa? Karena hal ini akan selalu menandai situs Anda sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya dari topik yang anda pilih. Otoritas domain yang tinggi akan menjadi keuntungan bagi keberlanjutan situs Anda. Untuk suatu situs yang memiliki peringkat kurang baik pada mesin pencari, diperlukan cara-cara bagaimana untuk meningkatkan otoritas domain agar sebuah situs dapat menjadi populer. Melalui artikel ini, kami mencoba membagi kepada Anda mengenai empat tips mudah untuk meningkatkan otoritas domain. Berikut kami sajikan kepada anda

  1. Guest post

Ketika anda melakukan guest post dalam sebuah situs populer, Anda secara efektif telah memperluas jangkauan Anda ke pengguna lain. Hal ini akan membantu meningkatkan visibility dari brand Anda dan juga meningkatkan kemungkinan lebih banyak orang akan mengunjungi situs Anda. Tentu saja Anda harus melakukan guest post hanya pada blog yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Pastikan ketika Anda melakukan guest post, Anda harus benar-benar menawarkan informasi yang relevan dan berguna sehingga pembaca akan tertarik untuk mengklik link yang menuju ke situs Anda. Ingat bahwa semakin populer situs Anda, otoritas domain juga cenderung akan lebih tinggi.

  1. Gunakan infografis

Buat sebuah infografis yang secara visual menarik tanpa terkesan terlalu ramai dan sesak. Pastikan infografis yang Anda buat menawarkan konten yang relevan, berguna, dan selalu up-to-date. Bagi infografis ini tidak hanya di situs Anda, tetapi juga pada laman media sosial yang lain. Semakin besar jumlah orang yang melihat infografis Anda, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda. Semakin besar traffic situs Anda, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan backlink baru yang bisa meningkatkan otoritas domain Anda.

  1. Buat presentasi

Presentasi adalah cara yang sangat baik untuk menampilkan produk yang anda tawarkan. Tentu saja, Anda juga harus memastikan bahwa presentasi Anda tidak hanya berfokus pada menampilkan produk saja, namun juga harus menawarkan informasi berharga bagi siapa saja yang melihatnya. Tujuan dari presentasi tentu harus bisa mendorong orang untuk mengunjungi situs Anda guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Bagi presentasi anda di situs-situs populer seperti YouTube dan SlideShare.

  1. Gunakan social media

Social media seperti Facebook dan Twitter kini menjadi salah satu tempat terbaik bagi Anda untuk menemukan calon pelanggan. Oleh karena itu, adalah sebuah ide yang sangat baik untuk mulai aktif di social media dan menautkan akun social media anda ke situs resmi Anda. Misalnya, ketika Anda mengunjungi homepage pada sebuah situs terkemuka, Anda akan sering melihat tombol yang dapat diklik yang akan membawa anda menuju ke akun Twitter, Google+, LinkedIn atau profil social media lainnya milik mereka. Praktek ini adalah cara yang sangat baik untuk menghubungkan situs  ke akun social media Anda. Selain menggunakan social media yang populer, Anda juga bisa membuat akun di situs-situs spesifik yang terkait dengan bisnis Anda. Selalu mem-posting update secara reguler dan terlibat aktif dengan orang lain di situs tersebut sehingga anda akan dapat menetapkan diri sebagai suatu otoritas bisnis. Tidak perlu waktu lama, Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda dan otoritas domain anda pun akan meningkat.

  1. Tambahkan konten yang fresh dan halaman baru secara teratur

Salah satu faktor yang mempengaruhi otoritas domain adalah ukuran dari sebuah situs. Karena itu, Anda pun harus menambahkan halaman baru dan konten yang berkualitas ke situs Anda secara teratur jika Anda ingin otoritas domain Anda meningkat. Posting setiap mingguan konten-konten yang fresh dan menarik untuk membuat Anda menjadi subjek pencarian dan menghasilkan traffic tambahan ke situs Anda.

Hal terpenting yang harus di perhatikan adalah, melakukan sebanyak mungkin yang Anda bisa untuk membiarkan mesin pencari tahu bahwa Anda selalu dapat menyediakan konten dan layanan yang handal serta berkualitas. Selama Anda berhasil melakukan itu, Anda akan dapat menikmati otoritas domain yang memuaskan sampai pada akhirnya situs Anda menjadi dipercaya sepenuhnya oleh mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *