6 Pertanyaan yang Harus Kamu Tanyakan Saat Memilih Hosting

web hosting

Web hosting adalah tempat untuk menyimpan dan menaruh semua file-file website/blog sehingga dapat diakses oleh semua orang dari internet. Di Indonesia sendiri, perusahaan penyedia web hosting semakin menjamur. Banyak perusahaan yang memberikan penawaran terbaik untuk layanan mereka, tapi tidak semua web hosting adalah sama dan Anda harus membuat keputusan yang tepat untuk memilih web hosting sesuai kebutuhan spesifik Anda.

Berikut adalah 6 pertanyaan yang harus kamu tanyakan ketika memilih web hosting.

1. Berapa harganya?

Mungkin ini adalah pertanyaan pertama yang akan ditanyakan ketika mencari solusi web hosting.

Anda akan menemukan berbagai macam harga dari beberapa penyedia yang berbeda, mulai dari yang gratis hingga berbayar tergantung dari layanan yang ditawarkan. Harga murah tidak selalu identik dengan layanan yang buruk, begitu juga dengan harga mahal belum tentu memiliki layanan yang lebih baik.

Ajukan pertanyaan tentang harga untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan anggaran Anda secara keseluruhan.

2. Apakah mendukung CMS yang Anda gunakan atau platform lain?

Content Management System (CMS) yang Anda gunakan, atau persyaratan code yang dibutuhkan oleh situs Anda merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Platform hosting tertentu mungkin tidak memenuhi persyaratan teknis untuk platform yang Anda gunakan. Sebagai contoh, WordPress adalah salah satu CMS paling populer dan didukung oleh banyak penyedia hosting. Platform kurang populer seperti ExpressionEngine mungkin tidak memiliki banyak dukungan dari penyedia web hosting dan layanan biaya rendah mungkin tidak mendukung opsi CMS sama sekali.

Pada akhirnya, Anda perlu memastikan bahwa situs yang Anda kembangkan dapat berjalan lancar da bekerja dengan baik pada hosting yang Anda gunakan.

3. Seperti apa dukungan yang mereka berikan?

Dari waktu ke waktu, Anda perlu untuk menghubungi tim dukungan hosting Anda untuk menanyakan beberapa pertanyaan atau membantu menyelesaikan masalah.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memahami bagaimana dukungan pelanggan yang diberikan oleh masing-masing penyedia hosting.

Jika terjadi masalah dengan situs layanan hosting Anda, siapa yang akan Anda hubungi? Bagaimanakah cara mereka menyelesaikan masalah Anda? Pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang layanan pelanggan dan prosedur dukungan penyedia sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakan layanan dari perusahaan tersebut.

4. Berapa batasan bandwidth yang diberikan?

Semua sumber daya yang digunakan untuk membangun website Anda (seperti gambar, dokumen HTML, CSS stylesheet, file media, dll) akan mengkonsumsi bandwidth yang diberikan oleh penyedia hosting. Jika Anda mengirim file besar, atau situs Anda memiliki banyak pengunjung setiap hari, maka bandwidth ini akan dikonsumsi lebih cepat. Untuk itu, Anda perlu memastikan berapa kebutuhan bandwidth yang diperlukan untuk transfer data website Anda setiap bulannya.

5. Apa yang terjadi jika kelebihan bandwidth?

Katakanlah Anda memiliki satu bulan promosi besar-besaran atau posting blog yang menjadi viral. Ini bisa membuat lonjakan traffic yang cukup besar dan batasan bandwidth Anda akan tercapai dengan cepat. Anda harus memastikan bahwa penyedia hosting tidak akan banned atau menonaktifkan website Anda jika hal ini terjadi (meskipun beberapa penyedia melakukannnya).

Temukan penyedia dengan toleransi jika terjadi kelebihan bandwidth untuk jangka waktu tertentu. Dalam skenario terburuk, upgrade layanan Anda jika hal ini benar terjadi. Pastikan bahwa situs Anda tetap tetap tersedia ketika terjadi lonjakan traffic yang tinggi.

6. Apakah layanan dapat diandalkan?

Berbicara tentang situs selalu tersedia, ini adalah pertanyaan terakhir yang perlu Anda tanyakan tentang uptime web hosting. Situs Anda tidak akan sukses jika orang tidak bisa sampai ke sana, dan jika penyedia hosting memiliki outage, situs Anda akan down.

Ada beberapa perusahaan yang memberikan jaminan 100% uptime. Ini adalah salah satu gimmick atau jika memang benar, Anda akan membayar ekstra untuk tingkat layanan.

Website yang baik harus memiliki uptime yang tinggi. Pastikan bahwa perusahaan penyedia hosting mempertimbangkan memiliki catatan uptime yang baik secara keseluruhan dan bahwa setiap outage adalah hal yang jarang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *