6 Tips Ampuh Menulis Artikel yang Wajib Kamu Coba

menulis artikel

Artikel pemasaran telah menjadi salah satu cara yang paling efektif bagi semua orang untuk menghasilkan uang secara online. Banyak orang mencari informasi di internet dan yang mereka cari adalah mencakup produk dan layanan yang mereka butuhkan.

Audio dan Video merupakan produk yang populer dikalangan sejumlah Internet marketers karena cukup mudah dan murah untuk memasarkannya.

Tidak peduli apapun jenis produk atau jasa yang kita pasarkan, menggunakan artikel merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membangkitkan minat konsumen. Ketika konsumen mempercayai suatu bisnis, konsumen pun cenderung akan membeli barang tersebut dari mereka. Sebuah artikel yang ditulis dengan konten yang bernilai akan membangun kepercayaan dan akan menghasilkan lead.

Langkah 1: Menulis artikel

Menulis artikel memerlukan suatu tujuan tertentu. Ada dua macam jenis artikel di internet. Pertama adalah artikel berisi kata kunci dan yang kedua adalah artikel berkualitas.

Artikel berisi kata kunci pernah menjadi kekuatan pendorong dari semua konten di web. Artikel ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk mengejar peringkat tinggi dalam mesin pencarian. Konten menjadi tidak begitu penting, yang terpenting adalah peringkat dan mengarahkan traffic ke halaman atau situs tertentu.

Artikel yang berkualitas merupakan kekuatan pendorong internet marketing saat ini karena mesin pencari telah mengubah algoritmanya dalam menampilkan konten yang lebih relevan. Karena semakin banyak orang menggunakan internet untuk mencari produk dan layanan, mereka semakin menuntut informasi yang lebih lengkap. Ciri artikel yang berkualitas biasanya ditulis dengan baik, memiliki informasi yang berguna dan dapat menjawab pertanyaan tertentu.

Ketika membuat artikel untuk mempromosikan produk atau layanan, fokuslah pada satu atau dua gagasan utama yang berhubungan dengan produk atau jasa. Hal ini bisa berupa bagaimana menggunakan produk atau bagaimana produk tersebut dapat membantu orang lain.

Langkah 2: Perhatikan panjang pendeknya artikel

Panjang pendeknya artikel sangatlah penting. Artikel yang telalu pendek atau terlalu panjang akan dikenakan sanksi atau diabaikan oleh mesin pencari, dan kita juga akan kehilangan perhatian dari pembaca.

Jika artikel terlalu berbelit-belit (tidak langsung pada tujuan), maka kemungkinan pembaca akan berenti membaca artikel kita. Artikel terbaik yang direkomendasikan adalah terdiri dari 400 sampai dengan 1000 kata.

Langkah 3: Buat links dan backlinks

Setiap artikel yang digunakan untuk tujuan pemasaran yang efektif harus memiliki links yang mengarahkan pembaca ke halaman utama atau halaman penjualan.

Kita bisa memanfaatkan situs submission seperti EzineArticles.com untuk memasukkan link artikel kita di situs tersebut. Situs submission ini tidak mengizinkan penjualan langsung dan hanya memungkinkan link ke halaman informatif, bukan ke halaman penjualan.

Langkah 4: Pastikan penawaran kita bernilai/bermanfaat

Artikel yang baik selalu menggunakan kalimat pembuka yang kuat. Dalam kalimat pertama dari setiap artikel, pertanyaan pembaca harus dapat diatasi. Ini akan mempersempit fokus artikel dan memungkinkan pembaca tahu bahwa mereka telah menemukan konten yang tepat untuk dibaca.

Setelah kita mengatur gaya penulisan artikel, di bagian body utama adalah berisi penawaran, intruksi, saran, pendapat, atau informasi terkait lainnya.

Banyak penulis yang gagal dengan konten mereka karena menggunakan artikel sebagai promosi penjualan yang panjang, dan membuat janji-janji kosong. Sebaiknya, lakukan penelitian untuk menulis sebuah artikel yang ditargetkan, lebih spesifik dan berisi informasi yang berguna.

Langkah 5: Publish di Web

Salah satu tujuan artikel pemasaran adalah agar dapat di baca oleh semua orang. Salah satu caranya adalah dengan mempublish di Web. Ada banyak cara dan ada banyak media yang dapat kita gunakan, misalnya melalui situs submission atau melalui blog. Fokus utama disini adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin perhatian dari pelanggan potensial.

Langah 6: Gunakan kata kunci yang tepat

Tugas seorang penulis adalah tidak hanya berkonsentrasi pada konten saja, tetapi juga perlu memasukkan kata kunci dan frase kata kunci dengan tepat sehingga mendapatkan peringkat pada mesin pencari utama.

Kata kunci adalah kekuatan pendorong dari mesin pencari untuk memberikan peringkat pada situs. Sedangkan frase kata kunci untuk mempersempit pencarian dan ketika kita memiliki artikel yang kaya akan konten dan kerapatan kata kunci antara 2-3%, maka pemasaran artikel akan menjadi alat yang ampuh untuk bisnis kita.

Ingat, tidak ada hal yang instan. Seluruh proses membutuhkan waktu untuk kita bisa benar-benar menguasainya,dari web hosting untuk blogging, menulis artikel, dan fine-tuning untuk menargetkan konsumen ideal.

Semakin seting kita menggunakan artikel untuk memasarkan produk, semakin banyak yang peluang akan kita dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *