6 Tips Memilih Brandable Domain Bagi Brand Bisnis Anda

web hosting

Jika Anda menginginkan bisnis yang memiliki sebuah nama domain dengan mengandung unsur brand dan bukan nama deskriptif atau nama yang terdiri dari kategori keywords yang generik, tentunya akan ada banyak sekali nama yang dapat dipilih.

Bagaimana sebaiknya Anda memilih nama domain yang tepat di antara sekian banyak pilihan yang ada? Anda tidak perlu khawatir, enam tips memilih brandable domain yang telah kami rangkum ini akan membantu menemukan pilihan yang benar-benar tepat. Mari simak penjelasannya.

  1. Jangan melupakan basic dari proses branding

Anda bisa mencari nama yang pendek atau singkat. Fokus pada jumlah suku kata, bukan hanya jumlah huruf yang akan digunakan. Pastikan juga nama domain yang Anda gunakan mudah dieja dan jelas saat diucapkan oleh orang-orang.

  1. Lebih baik menggunakan jenis domain .com

Saat  ini, ada banyak sekali jenis pilihan domain yang tersedia. Mulai dari country domain seperti .us atau .uk sampai pada pilihan baru yang unik seperti .pizza atau .ninja. Jika Anda ingin menyampaikan secara gamblang nama dan substansi dari brand Anda, sebaiknya gunakan pilihan domain .com. Hal ini dikarenakan domain jenis .com telah digunakan sejak dulu dan hampir setiap orang mengenali serta mengasosiasikan sebuah alamat website dengan akhiran.com. Ini akan mempermudah orang untuk mengingat brand Anda.

  1. Pastikan nama domain yang Anda gunakan unik dan khas

Jangan memilih nama domain hanya karena Anda merasa nyaman menggunakannya atau hanya karena mirip dengan bisnis serupa yang lebih terkenal. Jangan mudah termakan oleh trend yang ada. Sebuah nama domainyang hampir sama seperti milik orang lain tidak akan pernah menjadi sebuah brandable domain yang efektif.

  1. Mencoba berpikir out of the box

Sekali-kali, kita tidak harus terus mencoba untuk menjadi logis dan rasional. Banyak brand besar justru jarang menjelaskan atau menggambarkan secara gamblang apa bisnis yang mereka kerjakan dari nama domain yang mereka gunakan. Biasanya orang justru tertarik dengan nama-nama brand yang terdengar tidak ‘masuk akal’. Jadi fokus paa pencarian nama yang terkesan lebih emosional dan menggelitik orang-orang untuk mencari tahu lebih lanjut atau gunakan nama yang memiliki pengucapan lucu dan menarik.

  1. Melihat masa depan brand Anda

Jangan terlalu membatasi diri dengan menjadi terlalu spesifik. Bisnis akan terus berkembang dan bisa semakin luas. Misal saat ini Anda sedang menjalankan usaha kue kering, bukan tidak mungkin dalam sepuluh tahun ke depan Anda akan memiliki sebuah perusahaan katering. Jadi misalkan Anda menggunakan kata ‘cake’ untuk nama domain, hal itu memang terdengar menarik untuk saat ini. Namun, jika bisnis Anda terus berkembang mungkin hal ini justru bisa membingungkan orang-orang. Jadi jangan manjadi terlalu spesifik, lebih baik Anda fokus pada penggunaan karakteristik yang tidak pernah berubah.

  1. Lakukan beberapa pengecekan kilat

Jika Anda sedang mempertimbangkan sebuah brandable domain sebagai sebuah nama brand yang potensial untuk bisnis, maka Anda wajib melakukan beberapa pengecekan kilat sebelum membelinya. Pertama, Anda harus mulai melakukan pencarian dengan Google. Jangan hanya berharap domain yang digunakan benar-benar unik, tapi Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada bisnis sejenis yang juga menggunakan nama yang mirip.

Menentukan sebuah nama bisnis baru dengan membeli sebuah brandable domain merupakan sebuah pilihan yang cerdas untuk sebuah bisnis yang tidak memiliki waktu atau anggaran yang mencukupi. Jika Anda menjalankan dengan baik, hal ini akan meningkatkan kesempatan dalam mendapatkan nama brand yang benar-benar membawa keuntungan bagi bisnis Anda.

Anda bisa cari tahu banyak tentang hosting murah di sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *