7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Web Hosting

Memulai sebuah situs atau blog adalah salah satu hal yang cukup mudah dilakukan. Sayangnya, sebagian pemula yang menjalankan situs akan bingung dan frustasi ketika mereka harus memilih penyedia web hosting. Sebagai seseorang yang menjalankan situs, banyak yang beranggapan bahwa harga adalah hal yang utama dalam memilih web hosting. Namun, itu bukanlah satu-satunya hal yang terpenting. Melalui artikel ini, kami akan mencoba membantu Anda untuk mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih web hosting. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa kebingungan dan mampu menemukan web hosting yang tepat untuk bisnis Anda.

  1. Sejarah Dan Pengalamannya Dalam Bisnis

Sejarah dan pengalaman yang dimiliki penyedia web hosting adalah hal yang penting. Mengetahui tentang seluk beluk web hosting dalam bisnis dapat membantu Anda mempertimbangkan mana web hosting yang terbaik. Mereka harus memiliki sejarah dan pengalaman yang baik seperti dapat diandalkan, memiliki pusat data sendiri, memiliki tim terbaik, hingga ribuan pelanggan yang dapat menjamin layanan mereka.

  1. Server, Hardware dan Uptime

Selain sejarah dan pengalamannya, server dan hardware yang digunakan juga hal yang penting. Server terbaik adalah server yang mahal dan memerlukan biaya yang banyak untuk mengelola, menyimpan, dan menjaganya agar tetap online. Tidak hanya server dan hardware saja yang terpenting, uptime dan konektivitas ke internet juga perlu diperhatikan. Mereka perlu memiliki server cadangan untuk memastikan situs Anda dapat berjalan setiap saat dan tidak mengalami downtime.

  1. Backup

Setelah berbicara mengenai kualitas hardware dan uptime, hal penting lainnya adalah web hosting harus memiliki solusi untuk backup data Anda. Mungkin Anda berpikir tidak perlu melakukan backup untuk situs, tetapi apa yang akan terjadi jika seketika situs mengalami masalah? Inilah pentingnya untuk membackup data. Solusi web hosting terbaik adalah melakukan backup otomatis bulanan, mingguan, harian, atau bahkan per jam.

  1. Harga

Harga adalah hal penting bagi semua pelanggan. Aturan pertama adalah jangan pernah memilih layanan web hosting hanya karena harganya yang murah. Penyedia web hosting memiliki segala jenis dan bentuk paket yang berbeda-beda misalnya shared hosting, dedicated hosting, atau reseller hosting. Pastikan untuk membandingkan berbagai hosting tersebut dan melihat layanan serta fitur yang ditawarkan sebelum memilihnya.

  1. Dukungan dan Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan dan dukungan yang tersedia 24/7 adalah hal terpenting dalam menjalankan website bisnis online. Meskipun mungkin bukan sesuatu yang dibutuhkan setiap saat, tapi akan menjadi sangat penting disaat Anda mengalami kemacetan atau masalah pada website. Web hosting terbaik tidak hanya memberi layanan 24/7melalui telepon, tetapi juga online chat, email dan melalui FAQ.

  1. Konektivitas Jaringan

Pada poin kedua kami telah menjelaskan mengenai hardware maupun server, tetapi tanpa koneksi yang kuat ke internet, Anda bahkan tidak akan terhubung sama sekali. Penyedia hosting terbaik akan memiliki konektivitas penuh dengan kecepatan tertinggi. Pastikan ini juga menjadi satu hal pertimbangan dalam memilih web hosting yang tepat.

  1. Software (Perangkat Lunak)

Hal terakhir yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah memastikan penyedia web hosting secara aktif memperbarui software mereka. Software dengan update terbaru dapat berpengaruh terhadap server dan kecepatan konektivitasnya. Jika software tidak secara aktif diperbarui maka software akan lebih rentan terhadap hack atau peretasan, downtime, dll. untuk itu software yang terbaru perlu menjadi pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *