8 Tips Jitu Membuat Audience Facebook Lebih Greget!

Facebook kini telah mencapai 81% dari populasi digital keseluruhan. Kurang lebih 230 miliar pengguna terlibat setiap menitnya. Facebook seperti balon udara yang berada di ketinggian paling tinggi diatas semua platform media sosial lainnya.

Seperti yang kita tahu, media sosial memiliki reputasi untuk “pemborosan waktu”. Salah satu pemborosan waktu adalah ketika orang mencoba untuk membuka banyak platform sekaligus. Ini akan melemahkan fokus kita. Menempatkan semua waktu ke dalam satu platform akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Jika kita fokus pada satu platform, kita akan melakukannya dengan baik untuk facebook.

Berikut adalah 8 tips untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan facebook:

1. Gunakan gambar

Sementara banyak orang yang mebicarakan tentang video di facebook, gambar masih memimpin untuk saat ini, setidaknya menurut beberapa studi. Ada banyak jenis gambar di facebook. Ada kutipan, ada stock foto dengan lapisan teks, ada foto orang-orang yang melakukan kegiatan sehari-hari, dan tentu saja ada gambar produk.

1

2. Upload video langsung ke Facebook

Jangan posting link dari youtube, karena ini akan menghancurkan berapa banyak view yang kita dapatkan. Satu studi memaparkan bahwa upload video ke facebook mendapatkan 52 kali respon untuk dilihat dari pada video di youtube. Ada banyak hal yang akan kita dapatkan ketika upload video ke facebook. Banyak telah mencobanya dan sukses besar dengan menambahkan video “tentang kami” dan menciptakan seluruh bagian video di halaman facebook mereka.

2

3. Tulis update sebanyak 40 karakter

Menurut infographic “The Internet is a Zoo: The Ideal Length of Everything Online“, jumlah karakter ajaib untuk posting facebook adalah 40 karakter. Jangan terlalu terobsesi dengan menulis persis 40 karakter. Beberapa studi telah mengatakan bahwa update yang baik adalah yang pendek dan update yang sangat lama adalah yang terbaik.

3

4. Gunakan kata benda dan kata kerja ketika menulis deskripsi

Ilmuwan sosial media Dan Zarrella menemukan korelasi antara penggunaan nomina dan verba dalam postingan facebook dan mendapatkan respon yang banyak, ingat bahwa ada juga keterangan dan kata sifat. Pada dasarnya ini adalah saran lama: Potong keterangan dan kata sifat untuk menulis lebih jelas dan lebih kuat. Lagi pula kita hanya memiliki 40 karakter.

4

5. Tambahkan emoticon yang sesuai

Menurut salah satu studi, emoticon akan membuat kita mendapatkan respon lebih, komentar dan like. Kita mungkin bisa menggunakan emoticon mengedipkan mata ketika kita bercanda, atau hati ketika kita ingin mengirimi konten tentang cinta. Semuanya tergantung pada audiens kita.

5

6. Minta pendapat orang

Meminta orang untuk menanggapi pendapat bisa menjadi sesuatu, seperti “Cover buku apa yang kamu sukai?”. Kita bisa meminta orang mengirim foto atau tips untuk kesempatan memenangkan hadiah. Apapun itu, meminta audiens untuk bergabung adalah salah satu cara yang baik. Ini bisa membuat mereka bekerja untuk kita.

6

7. Buat posting sesering mungkin

Yang satu ini tampak jelas, kita perlu posting setidaknya setiap hari, idealnya 1-2 kali per hari. Orang tidak akan berinteraksi dengan halaman facebook yang terlihat sepi seperti kota hantu. Menurut studi LikeAlyzer tahun 2013 menunjukkan bahwa posting dua kali sehari paling banyak disukai.

8

8. Posting di waktu yang tepat

Waktu terbaik untuk memposting di facebook bisa bervariasi, tergantung pada target audiens kita. Kita harus memahami waktu mana saja yang mendapatkan respon tertinggi. Menurut Baraa Hamodi di Optimizely menulis posting yang baik adalah ketika sekitar pukul 05.00 hari senin-kamis, studi lain memaparkan bahwa pukul 16.00 adalah yang terbaik.

Itulah beberapa tips bagaimana untuk meningkatkan keterlibatan di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *