8 Tips Jitu Memilih Web Hosting di Jakarta

Web-Hosting-

Memilih web hosting yang tepat adalah hal yang paling penting dan sering kali terlupakan hingga akhirnya kita akan memulai proyek membuat website. Hosting atau web hosting, adalah layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan khusus, yang memungkinkan kita untuk mempublish artikel di blog, website, atau webapp internet dan memastikan ketersediaan dan operasi yang tepat. Sekaligus menawarkan akun email, database, backup dan beberapa fitur menarik lainnya.

Meskipun secara teknis setiap komputer yang terhubung ke internet bisa digunakan sebagai server, tapi pada kenyataannya membutuhkan lebih banyak praktik untuk menggunakan layanan yang khusus untuk menangani ini. Masalah seperti bandwidth, keamanan dan pemeliharaan, kecuali perusahaan besar, akan sangat sulit jika harus memiliki server sendiri di rumah, kantor, atau organisasi.

Dari sekian banyak penawaran yang diberikan jasa penyedia web hosting di Jakarta, bagaimana kita bisa memilih yang paling tepat untuk digunakan? Mungkin web hosting yang benar-benar sempurna memang tidak ada, kamu akan tetap mengalami 1-2 masalah dengan layanan hosting, tak peduli sebagus apapun, dalam setahun. Untuk itu kamu bisa melihat 8 tips dalam memilih web hosting berikut ini. Cekidot!

  1. Bandingkan keamanan dari penawaran disk spae dan monthly transfer

Beberapa penyedia web hosting ada yang menawarkan harga yang sangat terjangkau namun fiturnya sangat sedikit, sedangkan yang lainnya menawarkan space dan unlimited tapi dengan berbagai syarat dan kondisi. Sebelum memilih plan web hosting, perhatikan TOS (Terms of Service) untuk memastikan semua fitur yang akan kamu dapatkan. Kamu bisa saja menemukan batasan untuk menyimpan file yang bukan bagian dari web seperti backup, video, dll atau ketika akan mempublish konten tertentu. Sebaiknya kamu tidak menggunakan memori penyimpanan di bawah 1 Gb atau 2 Gb atau kurang dari 20 Gb monthly transfe.

  1. Cari karakteristik yang berbeda-beda.

Mungkin akan menarik jika kita bisa menambahkan beberapa domain atau subdomain ke dalam akun kita agar kita memiliki lebih dari satu independent website yang ditempati satu akun. Beberapa layanan hosting dirancang khusus untuk aplikasi tertentu, seperti WordPress, agar mereka teroptimasi dengan baik dan staff mengetahui karakter tersebut saat menghadapi insiden. Beberapa fitur lainnya ada yang menyertakan SSL Certificate dan layanan 24 jam.

  1. Pastikan mereka memiliki control panel yang standar

cPanel atau Plesk adalah beberapa yang sering digunakan. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengelola web server. Menambahkan subdomain, mengelola akses FTP, membuat akun email, database, dll. Beberapa layanan hosting bahkan telah mengembangkan aplikasi manajemen mereka sendiri.

  1. Jangan membeli nama domain dan menyewa hosting dari perusahaan yang sama. 

Banyak penyedia web hosting yang menawarkan nama domain gratis. Sebaiknya cari saja di tempat yang terpisah dan mengaturnya berbeda. Karena jika ternyata tidak berjalan sesuai kenyataan kamu cenderung juga akan memindahkan servermu ke tempat baru. Percayalah jika hal itu terjadi maka akan sangat sulit.

  1. Cari tahu dukungan teknologi yang akan dibutuhkan.

Bahasa server PHP dan minimal database MySQL biasanya menjadi syarat yang paling mendasar untuk aplikasi web yang populer seperti WordPress atau Joomla. Ada banyak teknologi server seperti Ruby, ASP,net, ColdFusion, dll. Kebutuhan setiap website akan menentukan aplikasi apa saja yang harus diinstall. Di sisi lain, server dengan OS LINUX biasanya lebih stabil dan ekonomis.

  1. Sebaiknya tidak menggunakan layanan yang free untuk proyek sungguhan.

Memang benar ada web hosting provider yang menawarkan free accomodation, tapi sebaiknya kamu mempelajarinya lebih dahulu, dan bukan merupakan pilihan yang tepat untuk proyek sungguhan. Biasa yang gratis itu memiliki kualitas yang kurang baik dan tidak memberikan pelayanan yang maksimal.

  1. Cari tahu tentang kredibilitas perusahaan hosting di blog, forum, dan jejaring sosial.

Mungkin akan memakan beberapa waktu tapi kamu bisa menemukan dengan mudah jika ada review atau komentar yang kurang baik. Selain itu kamu akan lebih mudah untuk menanyakan tentang pengalaman para anggota forum lainnya dan memberikanmu gambaran lebih jelas tentang brand mereka.

  1. Tidak ada yang sempurna.

Coba kamu pikirkan juga tentang beberapa kemungkinan problem dengan hosting yang kamu gunakan. Apakah itu misalnya jumlah visitormu yang melonjak tajam di luar ekspetasi sehingga mengharuskanmu migrasi ke tipe hosting yang lebih baik, ataukah permintaan dari web yang tidak bisa diproses/tersedia, perbaikan yang dilakukan di waktu yang tidak tepat, dan bahkan kemungkinan terbutuknya, menghadapi hacker yang membuat websitemu tidak bisa diakses. Semua keadaan itu bisa saja terjadi kapan saja. Tidak ada salahnya kamu lebih mempersiapkan diri dan menjadi lebih aware.

Sebagai rekomendasi dari berbagai perusahaan web hosting yang ada, kamu bisa menggunakan jasa penyedia web hosting terpercaya di Jakarta yang satu ini.

Atau mungkin kamu punya tips lainnya yang pernah dicoba? Silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *