9 Plugin WordPress Untuk Optimalkan Kategori & Tag

wordpress-plugin

Dengan adanya “Category” dan “Tag” dalam WordPress, kamu bisa mengorganisir konten yang berhubungan satu sama lain. Berikut ini adalah fitur yang bisa dimanfaatkan segera oleh user. Namun jika kamu sudah lama menjadi pemakai WordPress, kamu tahu selalu ada ruang untuk peningkatan performa.

Jika kamu ingin melakukan sesuatu dengan Category dan Tags di mana belum dikembangkan utilitasnya, kamu mungkin membutuhkan daftar plugin WordPress berikut ini. Plugin WordPress ini bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi Category dan Tag WordPress.

Taxonomy Thumbnail

Ini adalah plugin yang memungkinkanmu untuk melampirkan featured image untuk category dan tag, mirip seperti fitur Post Thumbnail dalam post dan page. Gambar yang di-attach bisa menjadi output menjadi tema dengan beberapa baris kode. Ini adalah plugin yang sebaiknya dimasukkan para developer WordPress ke dalam theme resmi WordPress karena sangat bermanfaat bagi para user.

WP Limit Tags

Jika kamu adalah fans dari WordPress tags, kamu cenderung menerapkan tag yang berlebihan dalam kontenmu—dengan begitu kontenmu akan mendapat ranking lebih tinggi dalam mesin pencari. Plugin ini akan membatasi jumlah tag yang bisa kamu tambahkan, sehingga kamu bisa lebih efektif ketika membubuhkan tags.

Require Post Tag

Kamu pasti ingin semua postingan yang sudah dipublikasikan memiliki minimal satu tag, dalam beberapa kasus, plugin ini menjadi solusi terbaik. Plugin ini bisa menambahkan layer tambahan ke dalam Post Editor yang memaksa user untuk memasukkan minimal satu tag ke dalam post, jika tidak maka akan muncul pop up pesan error. Plugin ini bisa digunakan untuk penghubung dengan preceding plugin untuk mengontrol tag dalam postinganmu di website.

Remove Category URL

Plugin ini pre-fixed dengan /category/ dan sebagai salah satu yang bisa diimplikasikan dalam pengaturan Permalink. Plugin ini akan secara ajaib menghilangkan prefix jika kamu ingin membuat situsmu “tidak terlalu” WordPress.

Category Sticky Post

Sticky Post adalah fitur dalam WordPress untuk mempertahankan sebuah posisi postingan agar tetap berada di atas, sebuah situasi dalam Bahasa Inggris disebut stuck. Sticky post hanya akan bekerja dan muncul dalam main query, di halaman depan blog. Plugi ini menambahkan fungsinya dengan memungkinkanmu membuat postingan selalu stuck dalam arsip kategori. Sedangkan plugin untuk Tag sudah tersedia plugin Tag Sticky Post.

Most Popular Tags

Plugin ini memunculkan widget baru yang tidak hanya berisi Tags tapi juga meliputi kategori dan custom taxonomy. Widget tersebut dibekali dengan berbagai pilihan termasuk mengontrol dimana Taxonomy akan muncul, ukuran font, inclusion dan exclusion.

Single Category Permalink

Jika kamu telah diberikan dua atau lebih hierarki kategori, permalink URL dari postinganmu akan menjadi sangat panjang karena berisi parent category dan hierarki berikutnya. Tetap buat URL singkat dengan plugin ini dan gunakan hanya kategori terakhirnya saja.

Only One Category

Jika kamu ingin penulis dari situs multi-authormu hanya memilih satu kategori saja untuk postingan yang mereka buat, gunakan plugin ini untuk merubah pemilihan kategori dari checkbox biasa menjadi tombol radio—ini akan membatasi penulis memilih hanya satu kategori.

Category Color

Plugin ini menambahkan pemilihan warna dalam kategori editor. Setelah warna dipilih, maka akan keluar di tema. Tapi ingat, plugin ini tidak untuk user reguler; plugin ini digunakan untuk developer tema agar bisa menambahkan style yang lebih dekoratif dalam arsip kategori tema mereka.

Nah itu dia berbagai plugin WordPress yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kategori dan tag dalam setiap postingan situsmu. Semoga bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan kualitas konten melalui fungsi Category dan Tags.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *