Bingung Cari Musik yang Tepat Untuk Video Marketing? Cek Caranya Disini!

video marketing

Saat ini video menjadi konten yang populer di dunia. Sebuah studi memprediksi bahwa pada tahun 2019, sebanyak 80 persen traffic internet dunia berasal dari video. Mungkin akan ada banyak video yang akan dibuat oleh brands dari seluruh dunia.

Sebuah film yang bagus bisa turun hanya karena pilihan musik yang buruk. Ada banyak prinsip-prinsip pemilihan musik yang digunakan oleh pembuat film yang dapat juga digunakan oleh brand. Berikut 5 tips untuk memilih musik yang baik untuk film atau videomu.

1. Menentukan lirik vs instrumental

Apakah videomu termasuk yang memiliki banyak narasi atau dialog? Jika demikian, pilihlah lagu instrumental, tapi itu tidak berarti musik menjadi background saja. Menemukan sebuah lagu dengan melodi yang kuat akan membantu filmmu tetap dalam pikiran audiens setelah film berakhir.

2. Perhatikan tone/nada

Menemukan lagu yang tepat jauh lebih banyak daripada nada yang tepat. Pertimbangkan bagaimana instrumentasi dan vibra sebuah lagu yang bisa melengkapi cerita yang kamu sajikan. Jika kamu membuat sebuah film tentang teknologi, jangan langsung memilih synths arpeggiated dan drum mesin. Kadang-kadang ketidakcocokan tonal dapat membuat efek yang buruk.

3. Biarkan musik menginspirasi untuk pengeditan

Musik tidak harus menjadi langkah terakhir dalam proses. Banyak pembuat film yang menggunakan musik sebagi inspirasi untuk keseluruhan proyek mereka, atau setidaknya sebagai panduan. Keuntungannya adalah musik dijamin akan cocok pada hasil akhir. Biarkan lagu untuk memandu dalam memberikan inspirasi editing sebagai ikatan yang kuat antara musik dan film.

4. Dapatkan lisensi yang tepat

Pastikan bahwa kamu membeli lisensi yang tepat untuk lagu yang kamu gunakan. Hal ini mungkin sedikit rumit, tetapi kebanyakan perusahaan lisensi musik akan dengan senang hati membantumu mengatasinya. Ini bukan hanya masalah etika. Memiliki video yang ditandai atau dihapus dari Vimeo terlihat cukup buruk bagi merekmu. Menerima surat cease dan desist, bahkan menjadi lebih buruk.

5. Tahu alur cerita

Pertimbangan yang paling penting ketika memilih sebuah lagu adalah apakah itu bisa membantu menceritakan kisahmu. Tidak peduli seberapa baik lagu itu, jika tidak mengangkat ceritamu , berarti itu lagu yang salah. Pikirkan tentang arc lagu itu. Apakah itu sesuai dengan arc filmmu? Apakah itu bisa mengikuti jalannya emosional yang sama? Apakah itu berakhir sesuai dengan yang kamu inginkan, pada nada tinggi atau rendah, diselesaikan atau tidak?

Memilih musik yang tepat untuk brand videomu dapat membantu menyampaikan pesan kepada audienmu. Jangan takut dengan persaingan yang sengit. Percayalah, musik yang relevan dapat membuat perbedaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *