Cara Menghindari Membuat Kesalahan Nama Domain

1

Salah satu tindakan pertama pendiri saat memutuskan membentuk bisnis baru adalah mendaftarkan nama domain. Tugas singkat ini bisa berakhir dengan konsekuensi buruk jika Anda tidak berusaha melakukannya dengan benar. Upaya untuk menghemat uang saat membeli nama domain Anda bisa menjadi salah satu masalah merepotkan nantinya.

Facebook terkenal harus membayar 200.000 dolar untuk nama domain Facebook.com karena perusahaan ini awalnya didirikan sebagai TheFacebook. Kenyataannya, jumlah itu sedikit berkurang dibandingkan dengan 8,5 juta dolar yang mereka bayarkan untuk nama fb.com. Namun, pembelian senilai 200.000 dolar ini tidak akan pernah diperlukan jika mereka menciptakan perusahaan mereka dengan nama yang tidak dimulai dengan “the”. Contoh lainnya, file sharing company Box awalnya memiliki nama domain Box.net ketika mereka tumbuh lebih besar, mereka dipaksa untuk membeli perusahaan tersebut menggunakan Box.com yang sebenarnya menjual kotak.

Pembuat mobil Jepang, Nissan masih belum memiliki nama Nissan.com. Mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di pengadilan untuk mencoba merebut domain dari pemiliknya yang sah.

Berikut langkah-langkah yang bisa diambil untuk menghindari kesalahan nama domain yang akan menghantui Anda nantinya.

1) Saat menentukan nama untuk sebuah perusahaan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kemungkinan domain dengan registar yang bagus dan bisa menampilkan semua variasi domain tingkat atas (TLD) dari nama yang Anda inginkan. Untuk bisnis lokal ke satu negara, cobalah untuk mendapatkan TLD yang paling umum. Namun, jika Anda bersikap global mungkin ada baiknya untuk membeli.

 

2) Idealnya, Anda harus mendaftarkan ekstensi domain umum lainnya seperti .org dan .net. Arahkan ekstensi tersebut ke domain inti Anda. Meskipun Anda ingin menghemat uang, sekarang bukan saatnya untuk bersikap hemat. Jika pesaing atau pemungut liar mengambilnya nanti, maka akan dikenakan biaya ribuan dolar dan penyesalan yang banyak untuk memulihkannya, bahkan jika Anda memiliki semua merk dagang dengan benar.

3) Saat mendaftarkan domain, pastikan alamat email di-file adalah salah satu yang akan Anda lihat dari notifikasi penting dari registar Anda.

4) Anda harus benar-benar menggunakan kata kunci domain Anda, namun jangan memasukkan kata-kata sebanyak mungkin.

Misalnya, jika bisnis baru Anda menjual kue sebaiknya Anda menyimpan kue sebagai bagian tengah domain Anda. Namun, juga memiliki item menu lainnya mungkin terlalu banyak. Ketika menyangkutkan kata kunci dan domain, fokus pada apa yang akan dipikirkan pengguna.

5) Jika nama domain yang Anda inginkan hanya tersedia dengan penambahan tanda hubung (misalnya free-cookies.com), berikan sebuah pass. Tanda hubung akan memperpendek nama dan pengguna tidak akan pernah ingat untuk menggunakannya.

6) Jaga panjang dari domain pendek dengan target di bawah 15 karakter. Meskipun browser modern dapat menangani URL yang panjang, namun browser tersebut tidak akan terlihat bagus saat dipenggal nama alamat pada seluler dan hasil penelusuran.

7) Jangan mendaftarkan nama yang akan sangat sulit untuk dikeja; terutama jika Anda akan menggunakan pemasaran offline yang akan mengarahkan traffic. Anda sebenarnya bisa melakukan tes crowdsource ini dengan sebuah survei dengan memainkan klip audio dari nama domain/ merk Anda. Kemudian mintalah orang mengetik sebagai respons terhadap ejaannya. Hindarilah jika terlalu banyak orang tidak dapat mengetahui hal ini.

8) Opsional: Bergantung pada jenis bisnis yang Anda luncurkan, Anda juga harus melihat apakah media sosialnya tersedia. Knowem.com adalah alat yang hebat untuk melihat nama apa yang masih bebas pada jaringan yang paling umum.

9) Opsional: Jika ada salah eja dari merk atau domain Anda, Anda juga akan membelinya. Hal ini kemungkinan bisa menunggu sampai Anda memiliki beberapa daya tarik untuk memerlukan perlindungan pada mrek Anda. Namun perlu beberapa penelitian cepat untuk mengetahui apakah ada beberapa domain yang harus diambil lebih cepat. Maccabim.com memiliki mesin pencari untuk menemukan tentang salah eja ini.

Anda tidak pernah benar-benar terikat dengan domain Anda sampai Anda membangun merk. Kapan pun Anda menemukan nama yang lebih baik, Anda dapat mengubah nama jika situasinya memungkinkan. Bahkan jika Anda terburu-buru sekarang untuk memulai bisnis Anda, jauh lebih baik mengikuti praktik terbaik di atas, jadi Anda tidak akan membuat kesalahan terlalu berat hingga tidak dapat dibatalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *