Catat! 9 Faktor Penting Sebelum Memilih Web Hosting

web hosting

Sama seperti kebanyakan hal lainnya, membuat keputusan dalam memilih web hosting mana yang terbaik bisa menjadi sulit. Banyak perusahaan web hosting di luar sana yang menawarkan 99% up-time, unlimited resources, dan knowledgeable support. Hal ini yang sering kali membuat kita bingung untuk memilih mana yang terbaik.

Panduan berikut ini bisa membantu kita dalam memilih web hosting mana yang terbaik diantara pilihan yang ada.

1. Harga

Ini adalah aspek paling dasar yang kita lihat pertama kali ketika akan memilih web hosting, tapi jangan jadikan ini sebagai faktor penentu. Ketika kita melihat perbedaan harga, itu sangat membantu untuk mengingat pepatah lama yang mengatakan bahwa “kita mendapatkan apa yang kita bayar”. Penawaran dengan harga termurah belum tentu merupakan pilihan terbaik, terutama jika kita memiliki webiste profesional yang memiliki profit. Hal-hal seperti non-outsourced support dan biaya hardware yang berkualitas mungkin tidak akan kita dapatkan jika perusahaan web hosting hanya mematok harga sebesar $1.99/bulan.

2. Spesialisasi

Ini adalah fakta bahwa tidak semua web hosting cocok untuk semua jenis pelanggan. Beberapa menawarkan program bersama yang bagus tetapi tidak memiliki solusi yang baik untuk pertumbuhan bisnis, sementara yang lain memiliki solusi enterprise yang hebat tetapi tidak cocok dengan blog kecil. Lihatlah ke spesialisasi perusahaan atau bidang keahlian sebelum membeli, dan pilih salah satu yang memahami kebutuhan khusus kita sebagai pelanggan. Kita bisa menemukan banyak ulasan dan rekomendasi di Web tentang kekurangan dan kelebihan perusahaan tersebut.

3. Spesifikasi

Jika kebutuhan website kita adalah untuk blog, ecommerce, rich content, dan video, maka jangan pilih paket hosting yang murah. Karena paket hosting yang murah tentu memiliki keterbatasan resource seperti kapasitas RAM dan hardisk untuk melayani kebutuhan kita. Mungkin kita akan menghadapi lebih banyak masalah seperti masalah downtime dan overload. Cari perusahaan web hosting yang memiliki harga murah dan fitur yang cukup lengkap. Apakah memiliki biaya tambahan untuk domain, dukungan, backup, dll. Tanyakan kepada mereka paket hosting mana yang cocok dengan kebutuhan situs kita. Jangan hanya berfokus pada harga yang murah.

4. Layanan dan dukungan

Menurut kebanyakan orang, ini adalah salah satu faktor penting. Misal, tiba-tiba situs kita down, kemana kita harus mencari bantuan? Apakah perusahaan penyedia web hosting bisa memberikan support untuk hal ini (baik via telepon atau live chat)?  Selain itu, apakah mereka bisa menunjukkan di mana letak kesalahannya dan memberikan solusi apa yang harus kita lakukan untuk membuat situs kita online kembali. Lihatlah reputasi dari penyedia web hosting terhadap layanan pelanggan mereka. Bentuk dukungan layanan seperti apa saja yang mereka tawarkan, email, telepon, chatting, dan sebagainya. Apakah mereka siap membantu 24 jam?

5. Fitur/Add-ons

Fitur/add-ons juga harus menjadi pertimbangan kita sebelum memilih web hosting. Apa yang membuat perusahaan penyedia web hosting terlihat spesial? Fitur/addons tambahan apa yang ditawarkan untuk membuat situs ketika menjadi menarik ketika menggunakan hosting mereka. Apakah itu beberapa data centers, energysaving, fitur tambahan seperti backup data berkala, free domain privacy, atau yang lainnya.

6. Hardware

Kita mungkin harus sering membaca Q&A (Question and Asking) dari setiap perusahaan web hosting untuk mengetahui lebih lanjut tentang spesifikasi teknis hardware yang mereka gunakan. Hal ini menjadi penting karena hardware bisa mempengaruhi kinerja sever dan situs kita. Jenis server apa yang mereka gunakan? Apakah menggunakan seri prosesor, RAM, dan Hardisk terbaru?

7. Review konsumen

Ini mungkin adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi banyak pengguna ketika mencari web hosting yang tepat. Sebuah review langsung dari konsumen sebelumnya akan bisa menjadi referensi bagi kita untuk melihat bagaimana reputasi/kinerja suatu perusahaan web hosting. Semakin banyak review positif yang masuk, maka kemungkinan besar semakin bagus layanan web hosting dari perusahaan tersebut. Begitupun sebaliknya, jika banyak review negatif berarti semakin buruk layanan yang mereka berikan.

8. Control panel

Control panel/user interface berkaitan dengan kemudahan pengaturan dan instalasi beberapa paket aplikasi pada hosting. Misal, instalasi WordPress, pengaturan email, pengaturan akun FTP, dll. Apakah penyedia web hosting menggunakan cPanel atau Plesk untuk memudahkan kita melakukan update dan perubahan. Apakah mereka juga menggunakan user interface yang mudah dipahami dan digunakan?

9. Scalability

Terakhir, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam web hosting adalah apakah web hosting yang digunakan bisa masuk ke dalam rencana jangka panjang yang kita buat. Dengan kata lain, mungkin web hosting yang kita gunakan sangat memadai untuk kebutuhan saat ini. Tapi bagaimana dengan kebutuhan kita untuk 2 tahun kedepan? Tentunya akan terus meningkat seiring pertumbuhan bisnis kita. Jadi, apakah penyedia web hosting memiliki solusi dari masalah ini? Apakah mereka memiliki layanan VPS atau Dedicated Server untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang? Apakah mereka bisa melakukan upgrade akun kita dengan mudah? Pikirkan hal ini dengan baik.

Itulah 9 faktor penting sebelum memilih web hosting, kuncinya adalah lakukan beberapa riset tentang web hosting, kumpulkan beberapa pendapat, dan ambil keputusan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *