Content Marketing, Apakah Itu?

Content-Marketing

Content is a king, kamu pasti sering mendengar kata itu. Memang benar adanya, dalam sebuah halaman website, konten adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Melalui artikel yang baik, gambar dan video yang menarik, kamu bisa membuat konten tidak hanya sekedar konten. Konten yang diciptakan harus bisa menarik target konsumenmu mau untuk mengunjungi websitemu. Inilah yang disebut “content marketing.” Content marketing adalah teknik marketing dengan menciptakan konten yang bermanfaat, relevan, dan menarik bagi audiens yang spesifik.

Tujuan dari content marketing adalah untuk menggiring konsumen untuk melakukan aksi tertentu. Daripada menghabiskan banyak uang untuk beriklan, di sini kamu justru memberikan informasi yang mengandung nilai-nilai edukasi agar mereka mampu memilih produk yang tepat untuk mereka. Bukan semata-mata keuntungan bagimu saja.

Konten yang dibuat bisa berupa banyak bentuk sesuai dengan yang diinginkan konsumen: bisa video, podcasts, foto-foto, resep, instruksi pemakaian, tutorial, musik, dan lainnya. Satu-satunya batas adalah bagaimana keterkaitan konten dengan brand dan produk yang ditawarkan.

Content Marketing adalah Tentang Loyalitas

Konsumen adalah orang yang cerdas. Mereka pasti mengetahui ketika kita sedang mencoba menjual suatu produk/jasa pada mereka. Tapi daripada hanya melakukan promosi barang daganganmu, kamu sebaiknya mencoba menanamkan rasa percaya mereka pada dirimu sendiri dan pada barang/jasa yang ditawarkan. Sekali orang mempercayaimu, mereka akan dengan senang hati mau mendengarkanmu.

Dan cara terbaik untuk menanmkan loyalitas mereka adalah dengan memberikan suatu barang bermanfaat yang bisa mereka dapatkan cuma-cuma.

Contohnya:

  • Ada banyak brand produk makanan kemasan yang menyertakan resep masakan atau cara menggunakan produk tersebut di label kemasan. Bahkan produk sereal yang target utamanya anak-anak hampir dipastikan pernah memberikan games atau puzzle yang bisa dimainkan selagi mereka makan sereal.
  • Sama halnya dengan berbagai bisnis yang menawarkan majalah atau katalog gratis ke pelanggan mereka—maskpai penerbangan memiliki in-fligt magazine, supermarket juga memiliki majalah serupa dengan artikel iklan.

Content Marketing Harus Memberikan Apa yang Diinginkan Konsumen

Salah satu kunci utama dari content marketing adalah nilai nyata dan bisa dirasakan oleh konsumen. Ketika kamu membuat strategi content marketing untuk website maka kamu sebaiknya memerhatikan beberapa hal beriukut ini:

  • Apakah kontenmu sudah mendalam?
    Artikel dengan panjang 400 kata mungkin tidak akan kena sasaran, tapi tidak jika dibuat menjadi 100 kata, terutama jika kamu merancangnya dengan menarik, mudah dibaca, dan digunakan.
  • Apakah kontenmu relevan?
    Jika konsumen bahkan tidak tertarik dengan konten gratis yang kamu berikan, maka sudah pasti konten itu tidak akan bisa berhasil jika dipasarkan. Lakukan riset, cari tahu apa yang mereka inginkan, dan buat rancangan rencana berdasarkan apa yang mereka cari, bukan hanya berdasar pada apa yang ingin kamu buat.
  • Mampukah kamu membuat konten secara berkelanjutan?
    Jika kamu berniat untuk memberikan podcast atau blog atau bahkan hanya berupa artikel singkat tentang suatu topik, apakah kamu sudah siap membuatnya secara kontinyu selama paling tidak satu tahun ke depan? Semakin kamu konsisten menambahkan konten baru, maka konsumen akan semakin tertartik dengan produkmu.

Content Marketing Tidak Dibuat oleh Orang yang Lemah

Ketika kamu mulai memproduksi content marketing, kamu harus siap untuk mengerjakannya untuk waktu yang lama. Bahkan mungkin akan membuatmu merasa bahwa itu hanya satu-satunya pekerjaan yang kamu kerjakan terus menerus. Tapi ingat, semakin banyak kamu membuat konten yang relevan, bermafaat, dan tepat waktu diterima konsumen, maka semakin banyak konsumen yang akan kamu dapatkan. Dan sekali mereka mempercayai brandmu, mereka akan lebih tertarik untuk mencari tahu apa yang kamu jual, dan membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *