Fakta-fakta Mengapa Share Location Di Social Media Adalah Ide Buruk

Location

Media sosial saat ini telah menempatkan kita semua benar-benar di mata publik. Setiap posting gambar, update status ke Facebook, membuat Tweet, dan checkin di lokasi tertentu, membuat kita secara tidak sadar berbagi lokasi dengan pengguna lain.

Mengapa ini adalah ide yang butuk? Mari kita lihat alasan mengapa berbagi lokasi di media sosial itu berbahaya:

Memberitahu orang tentang keberadaan kita

Ketika kita memposting gambar, update status, dll, kadang ada penandaan lokasi kita berada saat ini. Ini memberitahukan kepada orang-orang dimana kita sekarang, ini semua tergantung pada pengaturan privasi pada media sosial.

Informasi ini berpotensi diketahui oleh jutaan orang asing. Bahkan jika pengaturan sudah diatur untuk dibagikan dengan “teman” tidak menjamin informasi ini tidak bisa diketahui orang asing yang bukan “teman” kita.

Bagamana bisa orang asing melihat lokasi keberadaan kita, padahal pengaturan sudah diatur “hanya teman”?

Hal ini bisa saja terjadi, yang terkadang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Bisa saja kejadian dimana salah satu teman kita meninggalkan akun Facebook mereka yang masih dalam keadaan login, bisa di perpustakaan, lab komputer, atau komputer lain yang berada di tempat umum. Kemudian ada orang asing yang tidak sengaja membuka komputer tersebut dan mendapatkan akses untuk melihat informasi kita melalui akun teman kita tersebut. Bisa saja orang tersebut ingin berbuat jahat terhadap kita, ini bisa menjadi hal yang berbahaya untuk kita.

Kejahatan yang mereka lakukan dengan memperoleh informasi kita bisa saja untuk meng-hack akun kita, atau bisa saja ketika ada orang yang mengetahui keberadaan kita dan menyadari keadaan rumah kita yang sedang dalam keadaan kosong, mempunyai kesempatan untuk melakukan kejahatan dengan mengambil barang-barang berharga yang berada dalam rumah.

Bahkan dengan berbagi lokasi juga dapat membahayakan orang lain. Kenapa bisa begitu? Ketika kita memposting gambar dan menandai orang yang berada di dekat kita, bisa saja orang tersebut sedang dalam keadaan bahaya, mungkin ada orang jahat yang mengincar keselamatannya, ini membuat orang tersebut dalam keadaan terancam ketika seseorang mengetahui keberadaannya melalui informasi akun kita.

Oleh karena itu, hita harus benar-benar mempertimbangkan semua kemungkinan ini sebelum berbagi informasi lokasi di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *