Ini Alasan Harus Menyewa Web Hosting Untuk WordPress Blog!

Wordpress hosting

Kamu mungkin telah menggunakan platform blogging gratis untuk mencapai tujuan online yang kamu inginkan, dan itu adalah cara yang bagus. Dalam jangka pendek dan menengah, “outsourcing” hosting untuk konten pada platform gratis tampaknya seperti sebuah langkah yang wajar.

Namun, dari perspektif bisnis, hosting bisa menjadi komponen yang paling berpengaruh.

Jika kamu mencari cara untuk membangun bisnis online, kamu harus memiliki host sendiri untuk menjaga kepemilikan dan kontrol pada blogmu sendiri.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan memiliki hosting sendiri untuk blog WordPress:

1. Kemampuan untuk membuat custom domain sendiri

Apapun tujuanmu (bisnis atau sosial), saat ini blogging adalah tentang self-branding.

Sayangnya, pada platform gratis seperti Blogger.com yang memiliki jutaan pengguna dan posting blog, sangat sulit untuk berdiri sendiri dari keramaian, bahkan dengan nama yang keren sekalipun.

Tidak peduli seberapa banyak usaha yang kamu lakukan untuk membuat konten yang bermanfaat menggunakan platform blog gratis, kenyataannya adalah secara tidak langsung kamu ikut mempromosikan platform, bukan dirimu sendiri.

2. Kamu adalah pemilik blog sebenarnya

Pada platform gratis, blog adalah blog. Sebagus apapun konten yang kamu buat diatas platform tersebut, dibalik itu semua ada perusahaan besar seperti Google, WordPress, dll sebagai pemilik sebenarnya dari situs tersebut bukan kamu.

Kemudian, jika ingin pindah ke platform gratis lainnya (atau domain sendiri), kamu akan berisiko kehilangan pembaca, karena kamu tidak memiliki kontrol atas situs.

3. Memiliki blog sendiri sangat mudah

Jangan biarkan harga menjadi penghalang untuk memiliki hosting sendiri untuk blog. Saat ini banyak penyedia hosting yang menawarkan layanan yang sangat terjangkau bagi siapa pun yang ingin memiliki hosting sendiri untuk blog mereka. Harganya pun sangat bervariatif, mulai dari 20 ribuan hingga ratusan ribu per bulan. Untuk mendapatkan hosting murah dan berkualitas kamu bisa mengunjungi IDwebhost.com.

Jika kamu telah memutuskan untuk menggunakan hosting sendiri untuk blogmu, langkah selanjutnya adalah memilih software blog yang akan digunakan. Pertimbangkan WordPress sebagai salah satu CMS paling populer, karena telah diuji coba pada jutaan komputer di seluruh dunia.

Berikut beberapa langkah mudah membuat blogmu sendiri:

A. Membeli nama domain

Pilih penyedia/perusahaan domain yang terpercaya dan memiliki reputasi bagus dikalangan pengguna. Pastikan mereka memiliki tim dukungan yang siap membantu pelanggan 24 jam. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga yang murah dan tidak masuk akal. Misalnya harga domain di pasaran sekitar Rp 100.000, jika menemukan penyedia yang menawarkan domain dengan harga Rp 20.000 maka patut dicurigai.

B. Mencari web hosting

Kebanyakan web hosting saat ini menawarkan mudah menginstal WordPress di situsmu sendiri hanya dengan beberapa klik. Hal ini memungkinkan bagi orang-orang yang sama sekali tidak memiliki pengalaman teknis bisa memiliki blog dengan mudah dan cepat.

Beberapa perusahaan hosting juga menawarkan website builders yang relatif mudah digunakan, menawarkan desain kustomisasi atau tema, dan termasuk harga yang kompetitif untuk paket domain dan hosting gratis.

C. Instal WordPress

Berikut adalah beberapa cara dan persyaratan untuk menginstal WordPress pada situsmu:

  • PHP versi 4.3 atau terbaru
  • MySQL versi 4.1.2 atau terbaru
  • Buat database dengan username dan password yang benar
  • Download dan unzip WordPress
  • Dalam folder WordPress, ubah wp-config-sample.php menjadi wp-config.php dan masukkan nama database, username dan password
  • Upload file yang dibutuhkan ke direktori web hosting
  • Jalankan file instalasi. install-folder/wp-admin/install.php.

Seperti telah disebutkan diatas, web hosting yang baik akan menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk menginstal WordPress hanya dengan beberapa klik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *