Ini Dia Alasan Mengapa Cloud Computing Ideal untuk Bisnis Kecil

cloud computing

Kenapa cloud computing? Cloud computing memberikan bisnis kecil akses ke teknologi yang sebelumnya berada di luar jangkauan mereka dan memungkinkan bisnis kecil untuk bersaing dengan bisnis lainnya maupun dengan bisnis yang lebih besar. Selain itu, cloud computing juga dapat menghemat anggaran bisnis Anda.

Kenapa cloud computing bisa menghemat anggaran?

1. Anda tidak harus membayar seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan, seperti menginstal software, menginstal dan mengelola server, menjalankan backup, dll. Keuntungan cloud computing adalah semua pengelolaan layanan atau aplikasi merupakan tanggung jawab vendor, bukan tanggung jawab Anda.

2. Anda tidak perlu membeli software. Selain kemudahan tidak harus membeli software program dan menginstalnya pada server Anda sendiri/komputer, menggunakan aplikasi cloud bisa jauh lebih murah.

3. Anda mungkin dapat menggabungkan kebutuhan aplikasi yang terpisah ke dalam satu layanan multi-aplikasi cloud computing. Misalnya, Google Apps for Business beserta email, aplikasi penjadwalan kalender, Google Docs untuk membuat dokumen, presentasi dan forms menggunakan penyimpanan file online dan Google Sites untuk membuat website, semua itu hanya $5/bulan untuk setiap akun.

4. Anda bisa saja mengurangi sistem pada hardware. Penyimpanan file, backup data dan software mengambil banyak ruang pada server. Dengan cloud computing, Anda bisa menyimpan data dengan menggunakan server orang lain.

5. Aplikasi cloud computing dapat membuat integrasi lebih mudah. Kenapa? Karena banyak aplikasi cloud computing yang mencakup Application Programming Interface (API). Anda bisa menemukan banyak aplikasi yang kompatibel daripada harus membayar untuk memiliki aplikasi yang ingin di integrasikan sesuai kebutuhan Anda.

6. Aplikasi cloud computing diperbarui secara berkala, jadi Anda tidak perlu menghabiskan uang dan waktu untuk memiliki akses ke fitur-fitur terbaru dari cloud computing.

7. Keuntungan lainnya cloud computing adalah memudahkan Anda dan karyawan untuk mengakses aplikasi dan data dari komputer yang berbeda. Sejak aplikasi cloud computing ada yang berbasis browser, aplikasi tersebut dapat diakses dari perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

8. Cloud computing dapat mengembangkan bisnis kecil Anda dengan cepat. Ini jauh lebih mudah dan cepat daripada membeli server, kemudian menginstal softwarenya. Karena Anda tidak perlu membeli hardware dan softwarenya, jadi start up Anda atau ekspansi lebih murah.

Apakah cloud computing memang digunakan untuk bisnis kecil?

Jadi apa Anda telah menggunakan cloud computing? Hampir semua orang pasti pernah menggunakan Gmail, Flickr, dan Google Maps, aplikasi tersebut merupakan contoh cloud computing yang bisa saja digunakan pada titik tertentu atau secara reguler. Ketika Anda menggunakan cloud computing untuk tujuan bisnis, maka Anda perlu mempertimbangkan kerugian dan keuntungan cloud computing sebelum memutuskan berapa banyak bisnis yang perlu menggunakan cloud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *