Inilah 9 Tips Optimasi Instagram Untuk Jualan Online

instagram

Dengan 300 juta pengguna aktif setiap bulannya dan 30 milyar foto yang di upload, menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial yang paling sukses. Ini adalah platform visual untuk berbagi konten video dan foto. Instagram mampu menarik banyak audien yang rata-rata 90 persen didominasi oleh kalangan berusia dibawah 35 tahun, serta keterlibatan merek dalam menawarkan produk cenderung lebih tinggi.

Instagram memiliki algoritma yang berbeda dengan Facebook. Jika kita sering login, maka kita memiliki potensi untuk melihat setiap bagian konten dari akun yang kita follow. Instagram kini menjadi platform pilihan bagi banyak merek sejak jangkauan organik Facebook sangat terbatas. Pada artikel ini, kami akan memberikan 9 tips dan trik untuk membangun bisnis di Instagram untuk meningkatkan keterlibatan follower.

1. Tambahkan link ke profilmu

Link profil pada instagram adalah satu-satunya cara untuk menambahkan link yang bisa diklik. Semua URL lain di Instagram muncul sebagai teks biasa. Jadi, jangan melewatkan kesempatan baik ini untuk mengarahkan traffic.

2. Lupakan Twitter

Instagram menawarkan kemampuan untuk dapat terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial dan memungkinkan untuk melakukan posting secara otomatis. Integrasi Instagram dengan Facebook dan Tumblr cukup baik. Tetapi tidak untuk Twitter, karena Twitter tidak mendukung preview konten Instagram. Ini berarti bahwa follower Twittermu hanya bisa melihat deskripsi singkat dan link ke Instagram.

3. Gunakan hashtag

Hashtag merupakan salah satu tool yang paling populer untuk menemukan sesuatu. Hashtag lebih fungsional di Instagram daripada di Facebook maupun Twitter. Hashtag bisa berupa kata kunci yang sederhana untuk sesuatu yang sedang hangat diperbincangkan. Berikut ini beberapa hashtag sederhana yang biasa digunakan di Instagram:

#TBT. Merupakan singkatan dari “Throwback Thursday“, hashtag ini digunakan untuk referensi kenangan masa lalu.

#OOTD. Hashtag ini merupakan singkatan dari “outfit of the day“, hashtag biasanya ini digunakan oleh blogger atau merek fashion.

#nofilter. Hashtag ini biasanya digunakan untuk foto yang tidak menggunakan filter atau effect yang ditawarkan Instagram. Biasanya untuk menyoroti keindahan alam dan teknik fotografi yang baik.

Beberapa hashtag populer lainnya yang biasa digunakan antara lain #photooftheday, #picoftheday, #fashion, #style, #family dan masih banyak lagi.

4. Buat gambar yang menarik dan jelas

Fokus utama Instagram adalah dari aplikasi mobile. Oleh karena itu, sebagian besar pengguna Instagram akan melihat konten di layar smartphone yang relatif kecil. Jadi, buatlah gambar/teks yang terlihat jelas dan terbaca pada layar kecil, dan gambar yang difokuskan untuk menarik perhatian pengguna.

5. Gunakan aplikasi editing tambahan

Setelah menguasai dasar-dasar Instagram, kamu mungkin akan menemukan keterbatasan pada aplikasi editing. Untungnya ada banyak aplikasi editing yang bisa membantumu membuat format konten yang berbeda bahkan mengedit gambar lebih akurat. Seperti Regram, Afterlights, Layout, Hyperlapse dan masih banyak lagi.

6. Ekslusif

Konten yang eksklusif selalu menjadi yang terbaik, banyak konten yang terlihat biasa saja dapat dirombak menjadi terlihat menawan dengan mudah di Instagram. Salah satu cara yang paling efektif adalah membuat video singkat. Dengan beberapa alat editing, kamu bisa mengubah video yang durasinya panjang menjadi video berdurasi 15 detik. Cara ini bisa menarik minat penonton.

7. Menjadi bagian dari komunitas

Komentar-komentar dan like di Instagram merupakan hal yang sangat penting. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk mengomentari postingan yang kamu suka, mencari influencer serta memeriksa setiap merek yang sedang booming.

8. Buat testimoni

Reposting atau “regramming” foto yang di tag atau mention pengguna bisa menjadi cara yang ampuh untuk memperkuat produkmu. Ini juga bisa menjadi cara yang sangat berguna untuk menunjukkan ke pelanggan lainnya tentang bagaimana produkmu.

9. Posting setiap hari

Pengguna yang sukses di Instagram adalah pengguna yang aktif setiap hari. Postinglah minimal sehari sekali untuk memaksimalkan jangkauan produkmu.

Itulah 9 tips mengoptimalkan Instagram untuk jualan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *