Masih Ribet Mau Beli PC Server, Begini Caranya!

server_rack

Membeli server sama dengan membeli computer biasa, kecuali server yang dibeli lebih besar, maka fitur server harus dipertimbangkan. Server membuat bisnismu lebih terkontrol dan informasi tersimpan. Kabar baiknya, banyak bagian server dapat ditingkatkan selama pembelian awal. Sayangnya, dibebarapa daerah tidak bisa meningkatkan akhirnya mereka lebih memilih mengganti tanpa biaya yang signifikan.

Artikel ini akan menjelaskan apa saja yang dibutuhkan saat membeli server:

  • Apa keperluan server bagi bisnismu?

Apa yang dibutuhkan server untuk membantu bisnismu? Sebenarnya, tujuan inti dari server adalah menjalankan perangkat lunak yang dapat menyediakan informasi kepada computer klien yang memintanya.

Contohnya, e-mail software seperti Microsoft Exchange, database software seperti MySQL, atau jaringan kontrol perangkat lunak seperti Microsoft Active Directory. Perangkat lunak ii menjadi faktor pendorong yang menentukan ukuran dan konfigurasi computer servermu

  • Software Server Persyaratan Teknik

Langkah pertama, meneliti teknis spesifikasi software server yang dibutuhkan. Biasanya disediakan oleh vendor perangkat lunak atau diteliti secara online melalui Google atau Bing. Kebanyakan mereka, memintamu memperkirakan variable, seperti jumlah pengguna, jumlah kotak surat, jumlah pelanggan, dll. Ketika menghitung perkiraan kamu harus mempertimbangkan pertumbuhan rekening untuk 3 sampai 5 tahun ke depan.

  • Server Sistem Operasi dan Software Pendukung

Keputusan pembelian yang paling penting dalam computer kelas server adalah sistem operasi yang berjalan di atasnya. Sistem operasi yang popular seperti, Microsoft Windows Server 2008, Linux, dan UNIX. Sistem operasi sistem adalah harga jumlah pengguna yang akan terhubung ke server.

Lisensi ini menjadi faktor dalam total biaya servermu. Meneliti teknis spesifikasi perangkat lunak server untuk aplikasi perangkat lunak pendukung yang harus diinstal. Contohnya, perangkat lunak database server, layanan direktori , atau perangkat lunak server web.

  • Gunakan CPU dan RAM Untuk Servermu

CPU server dan RAM (memory) harus berukuran tepat, guna menangani jumlah pengguna dan beban kerja agar server bisa menyelesaikan. Ini menjadi praktik yang baik saat membeli server untuk CPU. Jika CPU dibeli di awal, kamu bisa menambahkan stau tambahan biaya minimal. Tentu saja ini bisa diterapkan untuk RAM. Pastikan masih ada slot memori bebas utnuk menampung memori tambahan.

  • Persyaratan Server Storage

Semua server memungkinkanmu me-mount beberapa hard drive di unit. Jangan isi semua hard drive dipembelian awal. Jika kamu membutuhkan penyimpanan tambahan, kamu dapat membeli drive tambahan dan menambahkannya ke server yang diperlukan. Ingat! Bahwa hard drive harus sesuai dengan kontroler hard drive (misalnya, RAID, SCSI, SATA, dll) yang dipasang di server.

  • Carilah Konsultan Untuk Membantumu Membeli Server

Jika kamu merasa kewalahan atau tidak nyaman membeli computer server, kamu bisa menyewa konsultan untuk membantumu. Pastikan bahwa konsultanmu bukan “Salesman”. Ujilah dengan menanyakan apakah dia menjual server, jika jawabannya “Iya”, bearti dia Salesman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *