Seberapa Berharga Nama Domain Anda?

top-level-domain

Jika Anda memiliki nama domain dan tidak digunakan, kemudian seseorang bertanya apakah mereka dapat membelinya dari Anda. Bagaimana Anda dapat mengetahui bahwa domain tersebut cukup layak digunakan? Hal ini tidak sesederhana seperti menilai sebuah rumah. Ini tentu sangat sulit untuk menemukan penjualan yang sebanding dan melampirkan harga untuk nama domain Anda. setiap nama domain memiliki keunikan tersendiri dan sulit untuk dibandingkan satu sama lain.

Bahkan, jika Anda bertanya pada lima ahli domain yang berbeda tentang berapa banyak nilai dari suatu domain, Anda mungkin akan mendapat lima jawaban yang berbeda. Tetapi, Anda bisa mendapatkan ide untuk menilai kelayakan sebuah nama domain melalui beberapa faktor seperti berikut.

Berapa Banyak Ekstensi Lain Yang Diambil?

Jika Anda memiliki nama domain dengan ekstensi .com, .net, dan org yang terdaftar, hal ini merupakan pertanda baik bahwa domain yang Anda miliki cukup berharga. Ini berarti bahwa istilah yang dipilih cukup populer dan Anda bersedia mendaftar untuk berbagai ekstensi baik yang populer seperti .com, maupun ekstensi lainnya.

Usia Domain

Sebagian besar nama-nama domain terbaik biasanya sudah terdaftar sejak lama. Jumlah waktu domain yang telah terdaftar dapat menjadi indikasi nilai. Hal ini bukan berarti bahwa setiap nama domain yang terdaftar pada tahun 1995 akan lebih berharga daripada domain yang terdaftar pada tahun 2010. Tetapi, hal tersebut dapat menjadi ide umum bagi Anda. Lihatlah bagaimana usia nama domain tersebut dengan mengetikkan “tanggal pembuatan” dari domain di WHOIS.

Cari Hasil Untuk Istilah Yang Digunakan

Ini adalah pertanda baik jika ada banyak hasil pencarian untuk istilah yang cocok dengan domain Anda di Google. Jika Anda mencari istilah Pickleball di Google, Anda akan mendapatkan sekitar 500.000 hasil. Jika mencari istilah Bisbol, Anda akan mendapatkan lebih dari 400.000.000. Sudah jelas bahwa dengan topik yang berhubungan akan meningkatkan hasil pencarian. Untuk itu, semakin banyak orang yang telah menciptakan halaman web yang berhubungan dengan topik, semakin banyak permintaan yang akan Anda peroleh dari nama domain Anda.

Pencarian Bulanan Untuk Nama Domain

Halaman terindeks di Google adalah salah satu hal penting. Tetapi, jumlah pencarian dalam jangka per bulan dapat menjadi ukuran yang lebih penting. Anda bisa mendapatkan perkiraan jumlah pencarian untuk kata kunci dengan mengetikknya di SEMRush.com.

Kompetisi Iklan

Jika banyak perusahaan yang tertarik dengan iklan tentang nama domain Anda di Google, hal tersebut mungkin merupakan indikasi bahwa domain Anda bernilai besar. Anda dapat melakukan pengecekan di SEMRush.com untuk memperkirakan harga domain berdasarkan iklan yang diklik oleh orang-orang.

Penjualan Yang Sebanding

Meskipun menemukan penjualan yang sebanding itu cukup sulit, ada beberapa situs yang dapat memeriksanya misalnya NameBio.com dan DNPric.es. Hanya sebagian kecil dari harga penjualan domain yang diumumkan, tetapi Anda tetap bisa mencari tahu.

Tidak ada satu titik data yang dapat memberitahu Anda seberapa berharganya sebuah nama domain. Namun mengingat beberapa faktor di atas dapat membantu Anda menentukan nilai yang relatif untuk nama domain Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *