Segera Integrasikan Facebook Open Graph dengan Websitemu!

Open-Graph-de-Facebook-awapal

Kami akan memberikan pointer dalam mengintegrasikan Facebook Open Graph dengan website mu. Tidaklah sederhana, kami berharap bisa memberikan panduan yang cepat.

Intro ke Open Graph API

Open Graph API memungkinkanmu mengintegrasikan web page ke Facebook dan membuatnya setara dengan Facebook page. Berarti, ketika seseorang mengklik “like” pada web page mu, sambungan antara user dan page mu akan muncul di timeline orang. Bukan hanya itu saja keuntungannya, tetapi juga mendorong informasi kepada orang-orang yang menyukai web page mu.

Pada dasarnya, Open Graph memungkin web untuk mengintegrasikan Facebook menjadi satu. Pelajari lebih lanjut Open Graph di http://developers.facebook.com/docs/opengraph/

Cara Mengintegrasikan Situsmu

Langkah yang akan kita lakukan adalah pergi ke situs web ketika pengunjung web mu membuat postingan kecil di halaman Facebook mu sehingga teman-teman mereka juga turut mengunjungi dan menyukai situsmu. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah kunjungi URL grafik, seperti:

  1. Pilih Judul

Mari kita putuskan apa judul page yang mudah dibaca dan dilihat. Jadi buatlah “meta tag” dalam teks editor seperti:

<meta property=”og:title” content=”My Cloud is Awesome.Net!” />

Kamu dapat mengubah judul sampai kamu memiliki 50 follower. Jadi, pastikan kamu suka dengan judul yang kamu pilih terlebih dahulu.

  1. Pilih Nama Situsmu

Kamu harus tahu apa nama websitemu, sederhana bukan? Untuk memilih nama domain, perhatikan hal ini:

<Meta property = “og: site_name” content = “Awesome.Net” />

  1. Tentukan Jenisnya

Sekarang kamu memiliki beberapa pilihan tergantung situs apa yang akan kamu buat. Misalkan saja seputar aktor, atlet, kota, landmark, buku, minuman, makanan, blog, situs, atau perusahaan. Kamu bisa menulis seperti ini:

<Meta property = “og: Jenis” content = “perusahaan” />

  1. Tentukan URL-mu

URL digunakan untuk mengidentifikasi situs atau objek yang digunakan untuk ID permanen. Agar terlihat sederhana, gunakan page utama sebagai URL sehingga tag akan terlihat link seperti ini:

<Meta property = “og: url” content = “http://www.awesome.net/ />

  1. Tentukan Gambar

Facebook berkaitan tentang gambar! Jadi, jika kamu ingin mendapatkan gambar dengan ukuran minimal 50 pixel di postingan situsmu, gunakan link seperti di bawah ini:

<Meta property = “og: image” content = “http://www.awesome.net/images/mycloudisawesome.jpg” />

  1. Tenntukan Deskripsi

Teks ini akan muncul setelah gambar dan berada di bawah judul postingan, seperti link di bawah ini:

<Meta property = “og: description” content = “Awesome Website Layak Awesome.Net Cloud Hosting Pengalaman masa depan awan hosting, GRATIS.!” />

Sama dengan judul, tapi ini bisa kamu ubah setiap saat sampai kamu memiliki cukup follower secara permanen. Berapa banyak? 10.000 follower misalnya.

  1. Tentukan Adminnya

Kamu menempatkan diri kamu dalam administrator di situsmu. Namun, sebetulnya kamu memiliki pilihan untuk memungkinkan aplikasi dalam mengelola situsmu di Facebook atau kamu menyuruh orang lain untuk melakukannya. Dalam artikel ini mengambil contoh untuk menjadi admin sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus tahu nama ID Facebook mu. Ini bukan melalui alamat email, tapi nomor numerik. Berikut caranya:

Angka setelah id= adalah id facebook user (dalam contoh di atas 777.777.777 dan bukan benar-benar user id. Jadi tag admin akan terlihat seperti ini:

<Meta property = “fb: admin” content = “77777777777” />

  1. Tentukan Data Opsional

Kamu akan dapat penjelasan Open Graph API docs dengan cara berikut ini:

<Meta property = “email” content = “sales@awesome.net” />

<Meta property = “phone_number” content = “866-706-8691” />

  1. Tambahkan Semua Meta Tag di Web Page Mu <HEAD></ HEAD>

Jadi, setelah kamu siap dengan semuanya, copy dan paste ke dalam situs web mu dengan sumber kode dari bagian<HEAD>. Idealnya, sebelum </ HEAD page>

  1. Ujilah Terlebih Dahulu

Sebelum kamu memutuskan untuk menyukai situsmu, pastikan Facebook membaca segala sesuatu di situs mu. Cara termudah melakukannya adalah dengan Facebook URL Linter:

http://developers.facebook.com/tools/lint/

 

  1. Tambahkan Kode Like

Selanjutnya kamu perlu menambahkan kode seperti di situs. Dalam kasus ini, kamu perlu memuat “javascript eksternal” dan memuatnya sebagai “inframe” yang tidak dapat memperlambat situs dari loading tersebut.

Kamu dapat mengunjungi http://developers.facebook.com/docs/plugins/ untuk melihat plugin yang berbeda ketika diintegrasikan dengan situs mu. Gunakan tombol: http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like/ dan salin dalam kode iframe ke dalam situs foldermu.

Mengapa Kamu Perlu Mengintegrasikan Open Graph API?

Saya memiliki link page untuk wawasan admin. Jika kamu seorang admin dari apilkasi dan mengunjungi situs, cara mengetahui lebih jelas kamu bisa klik admin pada page. Jadi, kamu bisa berinteraksi dengan kami di page.

Kemana Kita Harus Pergi?

Pertama, kami meminta kamu untuk mengunjungi situs dan like page di bawah pojok kiri. Berikutnya kami akan menyarankan kamu untuk memeriksa http://developer.facebook.com dan mulai bereksperimen dengan apa yang bisa kita lakukan di sana.

Bahkan kami sering melakukan branding online dan marketing dalam mengintegrasikan Open graph API.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *