Tahu Password Security 101? Ini Penjelasannya!

password-security

Sebagian besar klien kami tidak begitu peduli akan security dan banyak juga yang tidak menyadari beberapa implikasi dari kompromi sandi yang berorientasi pada bisnis. Misalnya, banyak klien yang meminta kami untuk me-reset password di salah satu account email mereka. biasanya mereka menggunakan password yang lemah dan ketika kita memberikan password baru kepada mereka, mereka hanya menganggapnya enteng.

Kita harus tahu, password yang lemah dapat dengan mudah menyebabkan error pada layanan ftp, panel control, database, email, dan non hosting account. Seperti, facebook dan rekening bankmu, yang tentunya akan membawa konsekuensi dan kerugian besar pada kondisi finansial dan usahamu.

Apakah Password yang Lemah itu Buruk?

Berikut merupakan contoh password yang buruk:

  • Mengandung kata kamus, nama user, nama perusahaan, atau informasi identitas lainnya (misalnya, hewan peliharaan atau nama anak). Jika perlu sebaiknya kamu menambahkan angka atau karakter setelah angka.
  • Terlalu pendek (di bawah 8 karakter), password yang umum digunakan biasanya berdasarkan statistic atau ribuan password. Bahkan, password 123456 bukan password yang baik. Tapi, ada 500 password yang mengerikan bahkan mudah ditebak

Kebanyakan orang menggunakan password yang mudah digunakan dan mudah diingat. Perlu kamu tahu, bahwa akan banyak penyerang email yang memiliki daftar dalam kategori di atas. Mereka akan menguji dengan berbagai kombinasi password.

Bagaimana Cara Memilih Password yang Kuat?

Berikut beberapa metode yang direkomendasikan:

  • Gunakan password generator acak, atau PC Tools benar-benar mudah digunakan pada password generator di http://www.pctools.com/guides/password/
  • Membuat password dari lagu favorit, kamu bisa memilih beberapa lirik lagunya. Kamu bisa mengkombinasikannya dalam beberapa karakter lain untuk memperkuat password.

Penting bagi kamu untuk tidak menggunakan password yang sama persis ke semua layanan online. Bahkan, jika kamu memiliki password yang sangat kuat, jika passwordmu bocor dari beberapa layanan yang pernah kamu gunakan (seperti jejaring social atau forum online, dll) penyerang akan mencoba password di situs web lain untuk melihat apakah mereka dapat mengakses dengan akun lain menggunakan password yang sama (seperti bank, situs belanja), di mana passwordmu disimpan pada amazon.com dan situs atau layanan lainnya.

Bagaimana Cara Mudah Mengingat Password?

Cara mudah untuk mengelola password security-mu adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpanan password yang berjalan di komputermu. Idelanya, pada peragkat mobilemu, sehingga kamu dapat mengakses passwordmu dari mana saja.

Sangat penting untuk memilih aplikasi password yang mengenkripsi passwordmu. Jadi, jika PCmu atua teleponmu dicuri mereka tidak dapat melihat password yang tersimpan. Dengan aplikasi password, biasanya kamu hanya perlu mengingat satu password, sebab password master dapat membuka aplikasi dan dapat mengakases ke semua password yang disimpan.

LastPass (http://lastpass.com) merupakan pilihan yang dapat membantumu menyinkronkan password diseluruh computer bahkan perangkat lain (seperti, iPad, iPhone, Android). Bahkan kamu memiliki password generator built-in. LastPass juga menyimpan informasi pribadi sehingga kamu dapat dengan mudah mengisi formulir secara online (termasuk nomor pada kartu kredit yang kamu inginkan)

Kami harap dengan informasi diatas , kami dapat membantumu untuk lebih berhati hati dengan semua password yang telah kamu miliki dan menemukan strategi password terbaik bagi kamu dan organisasimu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *