Tips SEO: Ini Dia 5 Fakta yang Mengurangi Jumlah Pengunjung Web-mu

web-traffic

Pengunjung merupakan ‘roh’ dari sebuah website. Website yang bagus tapi tidak memiliki pengunjung tidak akan bisa menghasilkan apa-apa.

Pengunjung akan menilai sebuah website hanya dalam hitungan detik pertama, dan kemudian menilai berdasarkan elemen seperti waktu load website dan kemudahan navigasi. Dari situ pengunjung bisa segera membuat kesimpulan awal tentang baik atau buruknya sebuah website.

Mari periksa website kita masing-masing apakah memiliki 5 elemen dibawah ini yang bisa mendorong/mengurangi jumlah pengunjung.

1. Homepage berantakan

Homepage adalah bagian paling penting dan paling berharga dari sebuah website. Halaman yang berantakan akan mendorong audiens untuk pergi atau membuat mereka bingung. Sebuah website yang bagus harus memiliki desain homepage yang teratur, dengan titik fokus yang jelas yang memungkinkan pengunjung merasa nyaman secara visual untuk mengeksplorasi semua halaman. Bar navigasi juga harus mudah ditemukan.

Ketika mengunjungi sebuah halaman, kecepatan sebuah halaman menjadi penting. Memiliki website yang cepat dan responsif juga akan mendorong pengunjung tidak hanya mengunjungi homepage, tetapi juga halaman lainnya.

2. Navigasi tidak jelas

Idealnya, bar navigasi website harus ditempatkan di bagian atas halaman dan memiliki link untuk kembali ke homepage. Konten harus juga harus jelas dalam menu, dan halaman harus menggunakan judul yang standar/jelas agar mudah di mengerti oleh pengunjung.

3. Tidak ada tombol social media

Saat ini media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis. Mengubur tombol social media di website membuat pengunjung sulit untuk menemukan kita. Libatkan semua audiens dengan memastikan bahwa setiap halaman di website berisi link ke social platform (Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, YouTube, dll). Ingat, ini adalah link media sosial secara visual berbeda dengan tombol social sharing.

4. Tidak ada calls to action

Pengunjung berduyun-duyun ke website kita, tapi tingkat bouncing tinggi? (Bouncing adalah presentase orang-orang yang meninggalkan website setelah mengunjungi hanya satu halaman). Apakah kita yakin bahwa pengunjung tahu apa yang harus dilakukan? Arahkan pengunjung dengan calls to action sederhana seperti “hubungi kami”, “klik disini” atau “berlangganan newsletter kami”.

5. Foto tidak asli

Sebuah website yang hanya diisi dengan stock fotografi tidak mencerminkan individualitas dari merek. Keaslian akan membawa pelanggan potensial, sehingga buatlah foto profesional sendiri untuk menceritakan tentang produk kita. Dalam dunia digital di mana pengguna diberi pilihan terbatas, kunci dari keterlibatan dan return on investment adalah menawarkan proposisi nilai yang unik dalam bentuk konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *